Lima Hal ini yang Harus Kamu Persiapkan agar Sukses Seleksi Penerimaan Akpol

Penerimaan akpol 2018 telah berlangsung ada 6.061 pendaftar yang berkompetisi untuk menjadi Taruna Akpol. Untuk menjadi Taruna Akpol sebenarnya tidak susah, asalkan kalian mempersiapkan sejak awal minimal satu tahun sebelum seleksi “Minimal satu tahun, sebelum ikut tes Akpol sudah dipersiapkan,” kata Ass SDM Kapolri Irjen Arief Sulityanto saat memantau tes Akpol di Semarang, Jawa Tengah, Senin (24/7)

Apalagi kini dengan sistem penerimaan Polri yang menjamin keterbukaan dan transparansi dipastikan proses seleksi berjalan clear dan clean. “Semua memiliki hak yang sama masuk Akpol, anak jenderal atau yang lainnya,” beber Arief

Bagi kalian yang ingin sukses dalam penerimaan Akpol berikut ini 5 hal yang harus kalian persiapkan

1) Persiapkan Nilai Akademik Sebaik Mungkin

Materi seleksi Akademik dalam seleksi Akpol tidaklah jauh berbeda dengan materi yang telah disampaikan di SMA untuk itu sebaik mungkin kalian belajar maka akan sangat membantu dalam seleksi.

Bimbel kesamaptaan Taruna education: Materi akademik di Taruna Education diadopsi dan disesuaikan dengan materi uji dalam seleksi penerimaan Akademi Kepolisian. Materi akademik yang diberikan meliputi Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
Pada tingkat Panitia Daerah (Panda) Bahasa Indonesia mempunyai bobot 35%, Matematika 30% dan pengetahuan umum 35%, sedangkan di tingkat Panitia Pusat Bahasa Indonesia mempunyai bobot 30%, Bahasa Inggris 35% dan pengetahuan umum 35%.

2) Latihan Fisik Sejak Dini

Olahraga teratur adalah kunci dalam hal ini, dalam seleksi Akpol ada tes kemampuan berlari mengelilingi lapangan sepak bola selama 12 untuk itu olahraga lari adalah hal yang wajib rutin kalian lakukan. Selain itu ada tes pull up, push up, sit up, chinning (untuk perempuan), shuttle run dan juga renang 25 meter. “Seorang taruna Akpol harus pintar dan memiliki kemampuan fisik yang prima,” beber Irjen Arief.

Bimbel kesamaptaan Taruna education:Latihan kesamaptaan yang diberikan di Taruna Education lengkap dan komprehensif. Setiap pekan siswa dua kali latihan kesamaptaan (sabtu pagi dan minggu pagi) yang dibimbing langsung oleh pelatih atlet dengan sertifikasi nasional dan internasional. Siswa juga mendapat gemblengan langsung dari pelatih Jas TNI untuk mencapai standard kemampuan samapta tinggi. Latihan diadakan di lapangan terbuka dengan standar lapangan militer.

Bukan hanya itu. Siswa juga dapat memanfaatkan fasilitas kesamaptaan indoor yang disediakan di kampus Taruna Education untuk menunjang kemampuan: pull up, sit up, push up, tread mill dan latihan lain untuk menunjang kemampuan samapta B.

3) Persiapan Tes Psikologi

Kamu akan menjalani tes psikologi. Kemampuan bekerjasama, leadership, lalu menangani dan mencari solusi persoalan akan dilihat. Untuk tes ini, psikolog ahli dari luar kepolisian dilibatkan. Peserta akan dipantau ketika dihadapkan pada suatu masalah. Mereka yang ingin menang sendiri, egois, anak mami, dan tak bisa mandiri akan sulit melewati tes ini.

Bimbel Kesamaptaan Taruna Education: Untuk menghadapi uji pemeriksaan psikologi Tahap I maupun Tahap II, siswa Taruna Education akan dikirim ke Dinas Psikologi Angkatan Darat (PsiAD) di Bandung untuk merasakan langsung tekanan, emosi dan kemampuan dalam menghadapi tes psikologi. Dinas Psikologi AD juga memberikan konsultasi atas hasil uji pemeriksaan psikologi yang dilakukan.

Untuk siswa yang ingin masuk Taruna Akpol, diberikan latihan khusus oleh tenaga professional yang paham kisi-kisi uji pemeriksaan psikologi. Pada uji psikologi tahap I Akpol 2018, sebagian besar siswa mendapat nilai di atas 70 bahkan ada beberapa yang menjadi peraih nilai tertinggi di sejumlah Panda. Stndar Nilai kelulusan Psikologi adalah 61.

4) Tes Kesehatan

Kamu akan dilihat dari sisi kesehatan. Seorang taruna Akpol tak boleh memiliki mata minus, buta warna, sakit berat seperti sakit jantung dan yang lainnya. Tak boleh ambeien, kaki bengkok, serta gagap. Tinggi badan kamu juga minimal 165 cm untuk calon taruna pria. “Anak-anak zaman sekarang memang mesti baik-baik memperhatikan kesehatannya, apalagi banyak makanan junk food dan udara yang kurang bersih,” jelas Irjen Arief.

Bimbel Kesamaptaan Taruna Education: Setiap siswa Taruna Education diwajibkan ikut pemeriksaan kesehatan atau medical check up untuk calon Taruna Akpol maupun Calon Taruna Akmil. Mereka yang akan mengikuti seleksi penerimaan Akpol akan mengikuti Rikkes di RS Bhayangkara Kramat Jati Jakarta Timur, sedangkan siswa yang berminat masuk Akadami Militer akan mengikuti Rikkes di RS Ridwan Maurekso atau RSPAD Gatot Soebroto. RSPAD Gatot Soebroto adalah rumas sakit tempat calon presiden dan calon wakil presiden melakukan general check up sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi.

5) Integritas

Jangan coba-coba menyuap, KKN, dan berlaku curang. Semua panitia seleksi, orangtua, dan siswa disumpah untuk berlaku jujur. Sekali-kali coba main curang akan langsung dicoret. Bahkan untuk tes lari saja ada run trecker guna mencatat sejauh mana kamu berlari saat tes fisik. Jadi jujur adalah yang utama saat ikut tes Akpol ini.

Bimbel Kesamaptaan Taruna Education: Menyuap, KKN, berlaku curang hanya berlaku bagi siswa yang tidak percaya diri dan tidak siap.

Taruna Education memberikan bimbingan dan latihan yang lengkap sesuai standar dan sistem penerimaan AKPOL meliputi: Akademik, Psikologi, Kesamaptaan, dan Rikkes. Siswa juga mendapat try out soal-soal akademik, baik secara tertulis dan tes berbasis computer (computer assessment test/CAT). Pendadaran Samapta dilaksanakan setiap awal bulan untuk mengetahui perkembangan kemampuan samapta setiap siswa. Demikian pula dengan uji psikologi, diberikan secara regular untuk melatih
dan meningkatkan pemahaman serta kemampuan siswa.

Taruna Education LENGKAP-TERPADU dengan semangat Kerja Keras, Kerja Cerdas dan Kerja Iklas.

Post Comment